Senin, 25 Juli 2016

Tips Merawat Wajan Teflon




Wajan teflon atau biasa disebut wajan anti lengket adalah peralatan wajib dapur anda, karena dengan wajan teflon, proses memasak anda menjadi mudah, dan juga menghasilkan masakan yang berkualitas tinggi.









Wajan teflon sangat mudah didapatkan dipasar, mulai dari berbagai merk, harga, dan kualitas. Intinya sama, setinggi harga, atau sehebat apapun kualitas wajan teflon yang anda punya, akan mudah rusak jika anda tidak merawat dengan benar peralatan ini. karena memang peralatan berbahan teflon cenderung mudah rusak.

Berikut kami berbagi informasi yang bermanfaat, yaitu tentang bagaimana dan apa saja cara merawat teflon anda, supaya awet dan aman digunakan untuk memasak.




     1) Teflon Baru, pertama kali yang harus anda lakukan sebelum menggunakan teflon baru untuk memasak adalah mencuci. Gunakan sabun cair, dan basu dengan spoon lembut.
Setelah itu, lap dengan kain bersih hingga kering.
Panaskan dengan api kecil, oleskan minyak sayur pada teflon hingga merata.
Teflon Baru siap anda gunakan untuk memasak.

     2) Spatula untuk teflon, pada saat memasak, sangat dianjurkan menggunakan spatula berbahan kayu, plastik, karet, atau silikon. Dilarang menggunakan spatula bahan logam.

     3) Panas Api kompor, dilarang menggunakan api kompor yang terlalu panas (maksimal 230 derajat celcius), karena bahan teflon lebih cocok untuk memasak dengan api kecil / sedang (slow cooking).
Jika dengan api besar, akan dengan sangat cepat merusak teflon kesayangan anda.



     4) Setelah Memasak, jika anda telah selesai memasak menggunakan teflon, catatan penting adalah jangan langsung anda menyiram / merendam teflon kedalam air dingin pada saat teflon dalam kondisi panas. Karena bisa merusak dan membuat lapisan teflon mengelupas. Jika itu terjadi, akan sangat berbahaya untuk kesehatan jika anda masih memakai teflon yang sudah mengelupas tersebut.
Jika masih ingin lanjut memasak, lebih baik cukup bersihkan dengan minyak sayur, dan lap dengan kain bersih.



     5) Penyimpanan yang benar, setelah anda memakai teflon, bersihkan dengan sabun cair berkualitas, gunakan spoon yang lembut, dan harus dipastikan kering, baru anda menyimpannya.
Simpanlah ditempat yang bersih, dan jangan menimpa bagian teflon dengan peralatan lain. Untuk mencegah lapisan teflon tergores.

Demikian Tips merawat wajan teflon, bagi anda yang suka masak, peralatan dapur merupakan senjata yang paling berharga. Dia lah yang menciptakan masakan yang lezat dan sehat. Maka dari itu, merk apapun peralatan dapur anda, sangat layak untuk anda rawat dan jaga dengan benar.



----------------------------------------------------------

BACA Juga :



-----------------------------------------------------------