Rabu, 08 Juni 2016

Festival PEH CUN (Makan Bacang / Bak Cang)


Bagi etnis tionghoa, hari ini tepatnya tanggal 5 bulan 5 penanggalan imlek (kalender lunar cina), merupakan salah satu festival penting untuk etnis tionghoa di Indonesia, yaitu Festival PEH CUN







“Kebudayaan turun temurun dari negara asal Tiongkok sejak 2300 tahun yang lalu, tepatnya pada masa dinasti Zhou.” 

Festival PEH CUN adalah hari dimana etnis Tionghoa melaksanakan tradisinya, yaitu antara lain : makan Bakcang, Mendirikan telur, mengadakan lomba perahu naga, dan mandi pada tengah hari (11.00 s.d 13.00)


Mungkin bagi anda yang sering online media sosial, bisa anda lihat orang-orang beramai-ramai upload makanan berbentuk mirip ketupat di facebook, twitter, instagram, dan sebagainya. Hehe.. itulah namanya Bakcang.

Makanan unik yang telah lama ada ini, dirayakan satu tahun satu kali saja. Cikal bakal bakcang pada jaman dahulu, pembuatan bakcang adalah beras ketan dimasukkan kedalam bambu, dan dimasak sampai matang. Lebih dikenal “Bakcang Tabung”.



Sedangkan pada jaman sekarang, bakcang lebih banyak dibungkus dengan daun bambu, dibentuk mirip tanduk sapi. Karena lebih mudah dan efisien.

Mari kita mengenal lebih detail, apa itu bakcang, dan terbuat dari apa makanan bakcang ini.




Bakcang adalah makanan dari beras ketan yang dicampur dengan ragi dan dibungkus kedalam daun bambu, kemudian dikukus sampai matang dan padat.






Secara umum, bakcang lebih sering dibuat dalam dua varian, yaitu bakcang dengan saus gula manis, dan bakcang isi daging babi, udang ebi, lobak manis dan kacang tanah. Dan biasanya bakcang juga enak dimakan dengan taburan gula pasir / gula bubuk.

Sekarang, untuk anda yang etnis Tionghoa, mungkin sudah sangat mudah mendapatkan kue Bakcang ini di pasar. Terutama bagi anda yang super sibuk, dan tidak mau ketinggalan mengikuti festival ini.

Ada juga keluarga yang lebih memilih membuat bakcang sendiri, dan kemudian bakcang dibagi-bagikan ke sanak famili, dan teman-teman, bertujuan untuk bersilaturahmi dan makan bersama.

Festival PEH CUN adalah festival musim panas. Maka dari itu, makan bakcang sangat bagus untuk menurunkan panas dalam, menurunkan sifat api didalam tubuh, dan membuat nyaman pencernaan.

Bagaimana dengan kegiatan lainnya? Seperti mendirikan telur, lomba perahu naga, dan mandi pada tengah hari? dikarenakan saya hanya membahas seputar kuliner (food) maka tidak saya jelaskan secara lengkap semua kegiatan festival ini.

Silahkan berkunjung ke https://id.wikipedia.org/wiki/Peh_Cun untuk informasi yang lebih lengkap tentang kegiatan festival PEH CUN.