Jumat, 13 Mei 2016

Bubur Gunting (Street Food Khas Kota Singkawang)


Kalimantan Barat (West Borneo - Indonesia)
Dikenal sebagai kota seribu kelenteng, kota amoi 

(amoi:sebutan untuk perempuan dalam bahasa tiong hoa)



atau juga disebut
kota TIDAYU (Tiong Hoa, Dayak, dan Melayu) yang artinya kota yang mayoritas penduduknya terdiri dari 3 suku diatas dan terjaga keharmonisannya.


Setiap daerah memiliki ciri khas kuliner masing-masing. Bagaimana dengan kota Singkawang? Pada kesempatan ini mari kita mengenal salah satu STREET FOOD nya kota Singkawang, yaitu BUBUR GUNTING.

BUBUR GUNTING merupakan salah satu makanan khas dan unik dari suku Tiong Hoa.

Dalam bahasa Tiong Hoa, bubur gunting ini disebut

Luk Theu San”.




BUBUR GUNTING merupakan STREET FOOD dalam bentuk makanan bubur kacang hijau yang sudah dikupas kulitnya, dimasak dengan cukup banyak air, kental, dan manis.  Kuah kental bubur ini nantinya untuk merendam roti goreng khas bubur gunting.

Makanan satu ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Kota Singkawang.

Untuk pendatang / wisatawan, penjual bubur gunting di Singkawang gampang gampang susah untuk ditemukan. Maka dari itu, disini saya akan sharing informasi lokasi dimana para penjual bubur gunting yang recommended buat anda hunting pada saat anda berkunjung ke kota ini.

Salah satu yang menjadi favorit saya adalah outlet yang berada di Jalan Antasari. Jadwal buka nya dari jam 09.00 pagi s/d habis (biasanya jam 13.00 siang) Baru buka saja sudah ramai sekali pembelinya. Namun gak usah takut menunggu lama. Yang penting kebagian. Hehe..

Ciri khas bubur gunting di tempat ini adalah kuah yang tidak terlalu kental, kacang dimasak sempurna, dan manisnya PAS. Serta rotinya ada pilihan, mau yang garing, atau yang lembut. Yummy!


Untuk malam hari,
yang saya ketahui ada 2 outlet yang menjual bubur gunting, yaitu sama-sama berlokasi di Jalan Yos Sudarso.
1 outlet kaki lima buka dari jam 17.00 sore s/d 21.00 malam, satunya lagi bentuk kedai mini yang dimana salah satu list menunya bubur gunting. 

Bisa anda jadwalkan sendiri kapan dan dimana anda ingin makan bubur gunting.

Oh yah, Sepengetahuan saya, untuk jam siang sampai jam sore ada 1 outlet di Jalan Gm Situt. Boleh anda coba bubur gunting disana.

Nah, itulah salah satu STREET FOOD nya kota Singkawang, jika teman-teman yang stay di Singkawang mengetahui ada lokasi lain penjual bubur gunting, come in and share aja disini.