Sabtu, 28 Mei 2016

Cara Aman Memotong Bawang Tanpa Nangis (Cutting Onion Without Crying)



Haloo, Selamat Hari minggu.. Pada hari ini saya berbagi tips lagi, yaitu tips untuk anda yang sering memasak menggunakan bawang merah / bawang Bombay.


Resep-resep sebelumnya yang saya posting juga hampir semua memakai bahan bawang..Mungkin bagi anda, yang merepotkan adalah mengupas dan memotong bawang yah.

Persiapan bawang yang cukup membuat kesal. Terutama pada saat memotong. Apalagi jika bawang yang harus dipotong berjumlah banyak. Siap-siap mata anda pedih tak tertahankan dan air mata mengalir dengan sendirinya.

Maka dari itu, saya berbagi tips untuk anda, cara aman memotong bawang tanpa menangis. Cara ini rutin saya gunakan disaat penggunaan bawang yang banyak.

Pada awal juga bingung, apa ada cara untuk mencegah hal tersebut. Bertanya ibu-ibu tetangga, dan juga sumber informasi memasak di internet. Dan coba saya terapkan. Ternyata manjur juga. Lumayan untuk menghemat waktu persiapan bahan memasak anda.


Cara Aman Memotong Bawang Tanpa Menangis


      1) Simpan dalam kulkas sebelum memotong

Sampai bawang dingin, keluarkan dari kulkas, dan segera potong. Cara ini cukup efektif untuk mencegah anda menangis saat pemotongan bawang.

      2) Rendam Air Es Batu / Air Dingin sambil memotong

Setelah bawang dikupas bersih. Siapkan air dingin, rendam bawang beberapa saat. Langsung potong dan tiriskan.

      3) Pakai Kipas Angin

Cara ini juga bagus. Kipas bawang pada saat pemotongan. Sehingga zat-zat yang membuat mata pedih bisa menjauh.

      4) Cara Pemotongan 

Sebaiknya, bawang anda potong dulu bagian kepala bawang. Bagian akarnya sebaiknya terakhir. Karena bagian akarnya lebih membuat pedih mata.

      5) Beri Cuka di Talenan

Semprot cuka ke talenan anda. setelah itu baru potong bawangnya. Begitu kata ibu tetangga. Hehe.. sudah saya coba, dan It’s work!



Demikian tips yang dapat saya share untuk anda. semoga bisa anda praktekkan di dapur. Sehingga aktifitas memasak anda dapat lebih menyenangkan.