Kamis, 26 Mei 2016

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner



Biasanya posting tentang resep, kali ini mari kita bahas tentang bisnis. Peluang usaha, dan pengembangan diri terutama di bidang BISNIS KULINER (makanan / minuman)


Bisnis kuliner memang tidak ada matinya, semakin lama semakin banyak pebisnis kuliner, sehingga muncul berbagai macam makanan minuman unik dan kreatif.

Setiap hari, manusia tidak bisa lepas dari makanan. Namun tidak semuanya bisa membuat makanan. Pandangan dasar inilah yang biasanya menjadi alasan utama bagi pe-bisnis membuka usaha berbagai jenis makanan / minuman, untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut.

Peluang ini juga berlaku untuk anda, 

siapapun bisa memulai bisnis ini. 

Yang penting mau belajar, dan pantang menyerah. peluang bisnis dibidang kuliner perlu persiapan dan pemikiran yang matang. 
Supaya bisnis anda bisa bertahan jangka panjang.

Maka dari itu, disini saya akan coba berbagi pengetahuan tentang tips – tips di bidang bisnis kuliner. Yaitu tips sukses memulai usaha kuliner. Apa saja yang anda butuhkan sebelum terjun kedalam dunia ini.


      1) Memiliki Komitmen Tinggi :

Bukan hanya dibidang kuliner, bisnis lain juga sangat membutuhkan sikap komitmen tinggi. Dengan komitmen tinggi, bisnis anda akan berjalan dengan teratur, dan berkembang. 

Komitmen maksudnya adalah kemauan tinggi untuk belajar, bisnis kuliner dibutuhkan pengetahuan, keahlian, dan kreatifitas. Jangan pernah berhenti belajar.

      2) Pantang Menyerah :

Tunjukkan semangat anda terutama dalam penyajian masakan, kebersihan, pelayanan prima, promosi, manajemen usaha serta keuangan usaha anda. semangat pantang menyerah ini akan memberi dampak positif bagi semua aspek, seperti bagi kondisi usaha, karyawan, dan pelanggan anda.

      3) Tentukan Konsep dari Bisnis Anda :

Dunia kuliner sangatlah luas, tentukan apa yang anda jual. Seperti, apa produk utama anda, dan apa produk pendukung anda. setelah itu, barulah menentukan konsep bisnis secara keseluruhan. Buatlah konsep yang unik, dan orisinil. seperti contoh, dekorasi ruangan, makanan, dan sebangainya. Sehingga memiliki daya tarik tersendiri di mata pelanggan, dan bisa diingat selalu.

      4) Tentukan Pangsa Pasar :

Dengan menentukan segmentasi pasar, anda akan lebih mudah menentukan produk apa yang akan anda jual dan harga yang sesuai dengan kondisi pasar anda. disamping meneliti pasar, anda juga perlu survei lokasi usaha dan jenis pesaing untuk produk sejenis. di saat banyak pesaing produk yang sama, diperlukan konsep bisnis sesuai poin ke 3 (tiga) yang telah saya jelaskan sebelumnya.

      5) Tentukan Supplier :

Supplier sangat berperan penting didalam mendukung bisnis anda. terus mencari informasi supplier sekitar daerah anda, disamping anda mempertimbangkan harga, anda harus perhitungkan juga dalam segi jarak supplier, dan konsistensi supplier dalam menjaga ketersediaan dan kualitas bahan.


Semoga Tips sukses di atas bisa menjadi bahan pembelajaran anda didalam berbisnis kuliner. Jangan takut bersaing, terus berusaha, belajar, dan kreatif. Tidak ada kesuksesan yang instan, proses adalah kunci kesuksesan anda. 

Salam Sukses.